Senin, 07 Agustus 2017

Pusat Batik Lurik Klaten

Klaten merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi wisata baik alam maupun budaya. Keberagaman budaya yang ada di Kabupaten Klaten menjadikan tempat ini sering dikunjungi wisatawan. Peninggalan sejarahnyapun beragam dari makam, bangunan bersejarah, candi-candi, hingga peninggalan warisan lokal berupa kerajinan tenun lurik. 

Lurik merupakan kain tenun tradisional dari Kabupaten Klaten. kain tenun lurik asli adalah yang terbuat dari ATBM atau alat tenun bukan mesin. Kerajinan tenun lurik ini mulai berkembang di Klaten sejak dahulu kala. Pusatnya berada di Kecamatan Pedan. Beda dengan Kecamatan Wedi yang terkenal dengan konfeksinya. Banyak sekali perajin tenun lurik ATBM dari Pedan dari dulu sampai sekarang yang masih berjalan.

Semakin cepatnya perkembangan jaman, membuat lurik ini sedikit tergeser dari kemajuan jaman itu sendiri. Akhirnya banyak juga perajin yang meninggalkan warisan budaya ini. Untuk mengatasi hal ini Pemerintah kabupaten Klaten dalam tiga tahun terakhir ini mulai mengembangkan industri kerajinan tenun lurik. Maka dari itu Pemerintah menggelar Festival Lurik Klaten. Festival berupa karnaval ini biasanya diselenggarakan pada saat hari jadi Kabupaten Klaten. Festival ini setidaknya dapat mengangkat kembali citra lurik di mata masyarakat dan juga mengangkat kembali perekonomian masyarakat yang dulu bekerja sebagai perajin lurik. Festival ini biasanya menghadirkan dan mempertontonkan karya-karya seni tenun lurik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar